tutorial membuat banner seminar

assalamualaikum, disini saya akan membagikan bagaimana cara membuat banner di coreldraw 11. sebelumnya terimakasih sudah mengunjungi blog saya.

Buka coreldraw 11, klik new graphic. Setelah masuk, ubah kertas menjadi landscape. Agar bentuknya menjadi banner pada umumnya, caranya klik layout pada tittle bar, ubah inches menjadi centimeters. Ubah ukuran width menjadi 200 dan height menjadi 100, lalu klik ok. Hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini

Buat background untuk banner. Klik rectangle tool pada toolbox klik 2x saja, maka secara otomatis akan langsung terbentuk persegi panjang yang memenuhi kertas tadi.

Selanjutnya klik pattern fill dialog pada toolbox. Pada option, pilih bitmap lalu pilih background seperti di bawah ini, setelah itu klik ok.


Disini saya akan membuat background menjadi sedikit ada lengkungan di sebelah kiri. Caranya kita convert terlebih dahulu. Klik kanan lalu pilih convert to curves
               

Setelah kita convert. Klik shape tool pada toolbox. Klik kotak kecil pada ujung persegi panjang.Lalu klik convert line to curves pada property bar gunanya untuk mengubah garis lurus menjadi lengkung.
Selanjutnya, klik kotak kecil yang ada di sebelah kiri persegi panjang lalu tarik ke arah kanan bawah hingga membentuk seperti gambar di bawah ini.

Banner tentu terdapat banyak tulisan. Awalnya saya akan membuat tulisan pembuat acara tersebut. Klik text tool pada toolbox. Arahkan kursor pada background lalu klik, setelah itu ketik “SMKN 3 BUDURAN”

Agar tulisannya menjadi lebih bagus saya mengubah fontnya. Blok tulisannya terlebih dahulu lalu ubah font menjadi niagara engraved. Hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini. Agar tulisannya terlihat, kita ubah warnanya menjadi putih. Blok tulisannya lalu pilih warna putih pada pilihan warna yang ada di sebelah kanan tampilan.

Selanjutnya kita membuat persegi panjang kecil dibawah tulisan tadi. Klik rectangle tool pada toolbox. arahkan kursor pada tengah background,lalu tekan hingga membentuk seperti gambar dibawah ini. Agar telihat lebih hidup, ubah warna, disini saya memilih warna turquoise
             
Untuk menghilangkan garis tepinya, klik hairline pada property bar. Ubah menjadi None alhasil garis hitam tadi akan hilang.
Klik text tool pada toolbox arahkan pada persegi panjang kecil tadi,lalu klik. Selanjutnya, ketik “proudly present” disini saya memilih font Bernard MT Condensed. Agar tulisannya terlihat ubah warna menjadi putih, blok tulisannya lalu pilih warna putih.
                                                                               
Selanjutnya kita membuat persegi panjang besar dibawah persegi panajng kecil tadi. Klik rectangle tool pada toolbox. arahkan kursor pada tengah background, lalu tekan hingga membentuk seperti gambar dibawah ini. Agar telihat lebih hidup, ubah warna, disini saya memilih warna navy blue agar berbeda dengan yang sebelumnya.

Agar lebih menarik ubah bentuknya menjadi seperti dibawah ini. Caranya seperti saat membuat background awal.  kita convert terlebih dahulu. Klik kanan lalu pilih convert to curves. Setelah kita convert. Klik shape tool pada toolbox. Klik kotak kecil pada ujung persegi panjang.Lalu klik convert line to curves pada property bar. Selanjutnya, klik kotak kecil yang ada di sebelah kiri persegi panjang lalu tarik ke arah kanan sedikit ke atas  hingga membentuk seperti gambar di bawah ini. Untuk sebelah kanannya klik kotak kecil yang ada di kanan atas, arahkan sedikit ke kanan.
Untuk menghilangkan garis tepinya, klik hairline pada property bar. Ubah menjadi None alhasil garis hitam tadi akan hilang
               
Klik text tool pada toolbox arahkan pada persegi panjang yang telah di edit  tadi,lalu klik. Selanjutnya, ketik “Seminar Windows 8” disini saya memilih font AR CARTER . Agar tulisannya terlihat ubah warna menjadi putih, blok tulisannya lalu pilih warna putih.

Sebuah acara tentu ada tanggal dan tempat pelaksanaannya.kita buat dulu kotaknya agar lebih terlihat. Klik rectangle tool pada toolbox. arahkan kursor pada kanan atas background,lalu tekan hingga membentuk persegi panjang. Untuk menghilangkan garis tepinya, klik hairline pada property bar. Ubah menjadi None alhasil garis hitam tadi akan hilang
                                                                                          Agar lebih menarik ubah bentuknya menjadi seperti dibawah ini. Caranya seperti saat membuat background awal.  kita convert terlebih dahulu. Klik kanan lalu pilih convert to curves. Setelah kita convert. Klik shape tool pada toolbox. Klik kotak kecil pada ujung persegi panjang. Selanjutnya, klik kotak kecil yang ada di sebelah kiri atas persegi panjang lalu tarik sedikit ke arah kiri hingga membentuk seperti gambar di bawah ini.

Agar terlihat lebih menarik, ubah warnanya disini saya memilih warna Ghose Green 
              
Klik text tool pada toolbox arahkan pada persegi panjang yang telah di edit  tadi,lalu klik. Selanjutnya, ketik tempat dan tanggal pelaksanaannya disini saya memilih font Bernard MT Condensed .
Tambahkan contact person agar yang ingin bergabung lebih mudah untuk bertanya mengenai acaranya. Klik text tool pada toolbox arahkan pada daerah yang berwarna putih ,lalu klik. Disini saya memilih font Bernard MT Condensed
Selanjutnya kita membuat persegi panjang kecil dibawah tulisan seminar. Klik rectangle tool pada toolbox. arahkan kursor pada bawah tulisan seminar ,lalu tekan hingga membentuk seperti gambar dibawah ini. Agar telihat lebih hidup, ubah warna, disini saya memilih warna deep navy blue 
               
 Klik text tool pada toolbox arahkan pada persegi panjang ,lalu klik. Selanjutnya, ketik “Supported by : ” disini saya memilih font Bernard MT Condensed . Agar tulisannya terlihat ubah warna menjadi putih, blok tulisannya lalu pilih warna putih.
Masukkan beberapa sponsor. Caranya klik file pada tittle bar pilih import. Sebelum itu saya sudah mendownload terlebih dahulu bebarapa gambar sponsor di browser 
  
Cari gambar yang telah disimpan. Klik gambar yang akan dipilih lalu klik import


              
Setelah klik import tadi arahkan kursor pada background lalu klik perbesar gambar, Ulangi cara mengimport gambar tadi. lalu tata serapi mungkin atau bisa juga sesuai yang anda inginkan. Saya menambahkan logo sekolah saya dan saya tempatkan di sebelah kiri atas seperti gambar di bawah ini. Lalu inilah hasil banner yang telah jadi.
               

Komentar

Postingan populer dari blog ini

membuat jaringan sederhana menggunakan cisco packet tracer

Contoh FOR pada java

Utility CCLEANER